UNM Luncurkan Aplikasi Pembelajaran SYAM-OK

banner 468x60

Online24, Merespon kemajuan teknologi dan tuntutan perkuliahan di masa depan, Universitas Negeri Makassar meluncurkan aplikasi pembelajaran yang diberi nama System and Application Management Open Knowledge (SYAM-OK). Peluncuran aplikasi ini dilakukan langsung oleh Rektor Universitas Negeri Makassar, Prof. Dr. Husain Syam, M. TP., Rabu (19/8), sebagai rangkaian kegiatan Komando Perkuliahan sebagai tanda dimulainya perkuliahan semester gasal 2020/2021.

Peluncuran aplikasi SYAM-OK dilakukan secara virtual dengan dihadiri seluruh unsur civitas akademika UNM. Pada kesempatan itu, hadir wakil rektor, dekan, direktur pascasarjana, wakil dekan dan wakil direktur, kepala bagian dan sub bagian, dosen, serta perwakilan mahasiswa.

Pada kesempatan itu, Husain Syam mengemukakan bahwa UNM senantiasa melakukan inovasi untuk mengakselerasi percepatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia. “SYAM-OK ini hadir dalam rangka memfasilitasi pembelajaran yang fleksibel, efisien, dan maksimal,” jelas mantan Dekan Fakultas Teknik dua periode itu. Melalui aplikasi pembelajaran SYAM-OK mahasiswa dapat belajar secara menyenangkan dengan beragam sumber belajar.

Pada kesempatan itu, Husain Syam meminta agar aplikasi ini segera disosialisasikan kepada seluruh dosen UNM sehingga kehadirannya semakin terasa.
Sementara itu, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UNM, Prof. Dr. Hasnawi Haris, M. Hum., selaku penanggung jawab mengemukakan bahwa aplikasi SYAM-OK mengintegrasikan login, sistem akademik, beban kerja dosen, remunerasi, kampus merdeka, dan Spada. “Aplikasi Syam-OK ini memiliki sejumlah fitur unggulan, seperti single ID, aggregator, dan video konferensi,” jelas Hasnawi.

Hasnawi melanjutkan bahwa aplikasi ini diharapkan sudah dapat digunakan pada pembelajaran semester gasal ini. Kebutuhan perkuliahan daring dalam situasi pandemi diharapkan pula semakin maksimal dengan kehadiran aplikasi ini. Aplikasi SYAM-OK juga akan dimaksimalkan dalam rangka mendukung implementasi kebijakan kampus merdeka dari Kemdikbud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *