Unik, Nama Pasar Sawah Berawal dari Banyak Ular Sawah, Begini Ceritanya

Online24jam, Makassar, – Jika Anda jalan-Jalan di sekitaran jln. Gunung Latimojong, Anda tentu tidak akan tahu kalau ada pasar tradisional di lokasi tersebut. Mengingat gerbangnya sangat kecil dan tertutupi oleh beberapa gedung tinggi di sampingnya. Itulah Pasar Sawah. Pasar yang berada diantara rumah bernyanyi keluarga.

Namanya cukup unik, karena menggunakan kata Sawah padahal pasar tersebut berada di tengah kota. Tentu Anda juga berpikir mungkin karena dulu lokasi tersebut berada di tengah sawah. Nyatanya juga salah. Lantas dari mana asal kata Pasar sawah?

Salah seorang pedagang, H. Usman mengatakan, ” Pasar ini dulunya rawa-rawa pak pada tahun 1940an. Saya dulu ikut membangun di sini waktu pertama jualan.” ujar pria yang mengaku sudah 70 tahun berjualan di pasar itu.

Pria yang tergolong senior dikalangan pedagang ikan ini juga menuturkan kata sawah mungkin karena dulu di tempat itu banyak ular sawahnya.

“Dulu di sini banyak ular sawah pak. Jadi itumi disebut pasar sawah.” jelas pria 73 tahun ini.

Senada dengan itu, Arifuddin salah seorang pedagang ikan juga menuturkan kalau dulunya lahan itu adalah milik warga keturunan yang sudah lama bermukim di daerah itu. Tapi karena lahannya lama menganggur dan dipenuhi ular, maka pemilik tanah mengibahkan kepada pedagang.

“Dulu ini lahannya warga Tionghoa pak yang juga jualan daging babi di sini. Tapi karena ini lahan nganggur dan banyak ularnya, akhirnya pemiliknya minta kami bersihkan dan jualan saja di dalamnya.” Ujar pria yang sering di sapa Coang ini.

Menurutnya, terkadang ular sawah itu masih sering muncul. Entah dari mana datangnya.

“Kadang masih ada ular terlihat di sini pak. Tidak tau dari mana datangnya. Tapi kita tidak peduli ji.” tuturnya.

Kini, dibawah komando kepemimpinan Kepala Unit Pasar Sawah, Andi Susanto.
Pasar dengan ukuran 2277 M2 ini tengah melakukan pembenahan sedikit demi sedikit agar pasar tersebut menjadi tertata dengan baik dan mudah dilihat oleh pengunjung baik dari arah jln. Gunung Latimojong maupun dari jln Sungai Cendrana.

Satu hal yang menarik, pasar ini juga kerap dikunjungi pejabat setempat dan menjadi tempat idola untuk belanja harian. Tarolah misalnya anggota Dewan Kota Makassar, Resky dan almh. Ince adnan Mahmud mantan ketua DPRD Kota Makassar.

Nah, mau tahu apa saja yang ada di sana silahkan berkunjungng ke Pasar Sawah yang terletak di Kelurahan Lajangiru, Kecamatan Ujungpandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.