10 Aturan Baru pada Proses Pilwali Makassar Nanti Wajib Anda Ketahui

Online24jam, Makassar, – Minggu ceria di anjungan Pantai Losari kini mulai bergeliat aktivitas olah raga senam oleh sekelompok warga. Seperti biasa kegiatan ini menjadi idola kalangan ibu-ibu di Makassar.

Dari pantauan redaksi Online24jam, ada yang menarik di tengah kegiatan senam tersebut. sejumlah petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ujung Pandang ikut berbaur diantara kelompok senam tersebut. usai melakukan senam, tim PPK tersebut menyempatkan diri menyampaikan beberapa aturan baru dalam proses pemilihan nanti.

Sebagaimana disampaikan Ketua PPK Ujung Pandang, Raidah menjelaskan bahwa dalam pemilihan nanti ada beberapa aturan baru yang harus ditaati oleh warga saat datang memilih. diantaranya ialah:

1. Pengukuran suhu tubuh sebelum masuk keTPS
2. Antrian di depan TPS tetap jaga jarak dan gunakan masker
3. Tiap TPS disiapkan tempat cuci tangan dan sabun
4. Tiap pemilih akan diberikan sarung tangan untuk melakukan pencoblosan
5. Usai pencoblosan wajib pilih melepas sarung tangannya untuk ditetesi tinta. Sehingga tidak lagi mencelupkan jari ke tinta.
6. Tiap wajib pilih dibatasi hingga 20 orang dan setelah itu lokasi TPS akan disemprot Disinfektan.
7. Setiap undangan wajib pilih akan ditentukan batas waktunya masing-masing berdasarkan nomor urut panggilan.
8. Setiap pemilih yang memiliki suhu tubuh di atas 37 akan disiapkan bilik tersendiri.
9. Wajib pilih yang sakit maupun yang isolasi mandiri akan dikunjungi oleh petugas.
10. Setiap petugas di TPS dibekali perlengkapan standar protokol kesehatan.

“Jadi semua hak pilih kita jamin. Ini kita lakukan untuk pencegahan penularan Covid19 pada saat proses pemilihan berlangsung.” ujar Raidah, Minggu (25-10-2020).

“Semua hak pilih ketika ada suhu di atas 37 kita akan siapkan bilik tersendiri untuk melakukan pencoblosan, setelah pencoblosan biliknya langsung disemprot disinfektan.” lanjutnya.

Begitu pula untuk pemilih yang suhunya normal akan dibatasi tiap sesi 20 orang dan langsung disinfektan setelah selesai.

“Jadi datangki memilih karena sedapat mungkin kontak fisik kita tetap hindari demi keamanan ta semua. Ini adalah bentuk pencegahan covid ditiap TPS jadi silahkan datang ke TPS pada Tanggal 9 Desember 2020, karena nasib dan masa depan kota Makassar ditangan bapak ibu sekalian.” Pungkas Raidah.