Target ODF 100% Tercapai, Luwu Utara Masuk Penilaian Kabupaten Sehat Kategori Wistara

dprd-makassar

Online24, Luwu Utara – Kabupaten Luwu Utara berhasil mencapai target Open Defecation Free (ODF) 100% atau bebas buang air besar sembarang. Atas capaian ini, Luwu Utara masuk nominasi Kabupaten Sehat Kategori Wistara untuk selanjutnya dilakukan evaluasi terhadap capaian tersebut oleh pemerintah pusat. Capaian ODF 100% menjadi indikator baru dalam mewujudkan Kabupaten Sehat dari pemerintah pusat.

Capaian ODF 100% Luwu Utara tergambar dari akses sanitasi 100%, dengan nir penggunaan anggaran STBM. Di mana desa yang melaksanakan STBM 173 desa. Hal ini linier dengan capaian desa ODF yang juga 100%. Plt. Kadis Kesehatan, Marhani Katma, membenarkan capaian target ODF 100% ini. “Capaian ODF kita 100%. Nah, ini menjadi indikator mutlak kita bisa masuk nominasi Kabupaten Sehat Kategori Wistara tahun ini,” ungkap Marhani.

Menurut dia, Wistara ini penghargaan Kabupaten Sehat dengan tingkatan tertinggi. “Insya Allah, kita optimistis bisa kembali meraih Wistara ketiga kalinya,” ucap dia. Meski masih dalam suasana pandemi Covid-19, Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan tetap mampu berbuat yang terbaik. “Ini capaian yang luar biasa. Untuk itu, ia berharap partisipasi masyarakat untuk terlibat aktif mewujudkan kabupaten sehat di Luwu Utara.

“Kabupaten Sehat ini kegiatannya masyarakat, Pemda hanya sebagai penggerak saja, yang terlibat aktif adalah masyarakat,” jelasnya. Masih kata dia, musibah bencana alam dan pandemi Covid-19 rupanya tidak berpengaruh terhadap semangat untuk mewujudkan kabupaten sehat. “Setelah kita berproses di masa pandemi dan pascabencana, dengan berbagai upaya yang kita lakukan, ternyata kita masuk nominasi Kabupaten Sehat,” pungkasnya.