Masa Jabatan Indah – Thahar Berakhir 17 Februari 2021, DPRD Gelar Rapat Paripurna

dprd-makassar

Online24, Luwu Utara – Jelang berakhirnya masa jabatan Indah Putri Indriani – Muhammad Thahar Rum sebagai Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara Periode 2016 – 2021 pada 17 Februari 2021 mendatang, DPRD Luwu Utara menggelar Rapat Paripurna Pengumuman Pengesahan Usulan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara Akhir Masa Jabatan 2016-2021, Senin, 1/2/2021) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Luwu Utara. Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Drs. Basir, dan dihadiri Bupati Indah Putri Indriani.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah pasal 79 ayat (1) bahwa pemberhentian Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah sebagaimana dimaksud pada pasal 78 ayat (1) huruf a diumumkan oleh Pimpinan DPRD dalam Rapat Paripurna dan diusulkan oleh Pimpinan DPRD kepada Menteri melalui Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah untuk mendapatkan pemberhentian.

Dalam rapat paripurna hari ini, berdasarkan Berita Acara Pengambilan Sumpah Jabatan Bupati Indah Putri Indriani dan Wakil Bupati Muhammad Thahar Rum pada 17 Februari 2016 lalu, maka diumumkan masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara periode 2016 – 2021 akan berakhir pada 17 Februari 2021. Indah dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan ketentuan pasal 78 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, antara lain menegaskan pemberhentian Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah diberhentikan karena berakhir masa jabatannya.

Indah menambahkan, bahwa hal ini juga berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 120/546/OTDA tentang usulan pengesahan pengangkatan dan usulan pengesahan pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, di mana masa jabatan keduanya akan berakhir pada Februari Tahun 2021. “Luwu Utara telah melaksanakan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 melalui proses Pilkada, mulai tahapan awal sampai kepada hari pencoblosan dan penghitungan suara yang berjalan aman dan lancar,” kata Indah.

Untuk itu, sebagai Bupati, ia menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan dan para Anggota Dewan yang Terhormat atas kerjasama dan dukungannya kepada pemerintah di dalam melaksanakan pembangunan selama lima tahun terakhir, sehingga Luwu Utara dapat dibangun meskipun dalam keterbatasan.

“Selaku Bupati dan mewakili Wakil Bupati serta seluruh jajaran pemerintah daerah mengucapkan terimakasih kepada DPRD atas dukungannya selama ini. Kita terus berikhtiar memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat, mencari solusi terbaik dan selalu berpihak kepada kepentingan rakyat dengan prinsip, “kita fokus pada solusi bukan pada masalah,” tandasnya.

Selain Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani dan Ketua DPRD Luwu Utara Basir, turut pula hadir dalam Rapat Paripurna kali ini, Dandim 1403 Sawerigading Letkol Inf. Gunawan, Kapolres Luwu Utara AKBP Irwan Sunuddin, Kajari Luwu Utara Haedar, Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Utara Armiadi, Ketua Pengadilan Negeri Luwu Utara, Ketua Pengadilan Agama Luwu Utara, para Anggota DPRD yang Terhormat, serta para Kepala Perangkat Daerah (PD) Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara, serta beberapa pejabat lainnya. (*)

Pemkot Makassar