Atasi Masalah Kekerasan Anak, Camat Sabbang Selatan Hadirkan Inovasi Layar Desa

dprd-makassar

Online24, Luwu Utara – Kekerasan terhadap anak acap kali terjadi, tanpa mengenal waktu dan tempat. Bahkan hampir setiap hari kekerasan anak mewarnai pemberitaan media. Berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini. Namun, acap kali pula masalah ini terus terjadi di tengah-tengah masyarakat. Berangkat dari masalah ini, Camat Sabbang Selatan, Fatmawaty Beddu, menggagas sebuah inovasi untuk mengatasi masalah kekerasan terhadap anak.

Maka lahirlah inovasi Layanan Rumah Desa (Layar Desa). Inovasi ini, kata Fatmawaty, diharap mampu mengatasi persoalan kekerasan anak. “Kami harap Layar Desa ini menjadi wadah penyelesaian masalah anak yang terjadi di desa. Salah satunya, kasus kekerasan anak,” kata Fatmawaty di acara Launching Layar Desa, Selasa (11/5/21), di Desa Teteuri, Sabbang Selatan, yang juga dihadiri Bupati Indah Putri Indriani, sekaligus me-launching Layar Desa.

Fate, sapaan akrab Camat muda ini, berharap kehadiran inovasi Layar Desa bisa mempercepat pemenuhan hak terhadap anak. Yang menarik dari kegiatan ini adalah kehadiran seluruh Calon Kepala Desa se-Kecamatan Sabbang Selatan di acara ini. “Kami mengundang seluruh Calon Kepala Desa karena kami ingin siapa pun yang terpilih nanti, kita berharap akan bertanggung jawab atas keberlanjutan dari program Layar Desa ini,” terangnya.

Bagaimana inovasi ini bekerja? Fate menjelaskan bahwa Layar Desa adalah sebuah wadah penyelesaian masalah yang terjadi di tingkat desa, sehingga pelaporannya nanti diharapkan juga berjenjang. Mulai dari masyarakat, kemudian melapor ke Layar Desa. “Jika ada masalah di tingkat desa, maka pelaporannya harus berjenjang. Segera melapor ke Layar Desa, karena ini dibentuk untuk menyelesaikan masalah yang ada di desa,” jelas dia.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menyambut baik kehadiran inovasi Layar Desa yang digagas Fatmawaty selaku Reformer Rencana Aksi Perubahan pada Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) 2021. “Saya harap Layar Desa yang telah dibentuk di Desa Teteuri dan Bone Subur agar difungsikan, termasuk para edukator keluarga yang sudah dilatih agar berperan aktif mengedukasi pengasuhan dalam keluarga,” harap Indah.

Dikatakan Indah, Layar Desa yang digagas Camat Sabbang Selatan adalah bagian dari upaya pemerintah mendekatkan pelayanan ke masyarakat. Utamanya terkait permasalahan kekerasan terhadap anak. “Fenomena sosial di masyarakat memperlihatkan bahwa kasus kekerasan anak masih cukup tinggi. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak dalam kehidupan keluarga. Nah, Layar Desa ini menjadi bagian terpenting untuk menghadirkan layanan yang lebih kecil, tapi lebih dekat dengan masyarakat,” tandasnya.

Pemkot Makassar