Sambut Bulan Bahasa, HPBI Sulsel Gelar Pelatihan Menulis Kreatif dan Lomba Baca Puisi

dprd-makassar

Online24jam, Makassar, – Menyambut Bulan Bahasa Oktober mendatang, Himpunan Pembina Bahasa Indonesia (HPBI) Provinsi Sulawesi Selatan akan menggelar beberapa kegiatan menarik. Di antaranya pelatihan menulis kreatif puisi, lomba cipta, dan baca puisi.

Ketua HPBI Sulsel, Prof Dr Anshari mengatakan kegiatan ini akan dimulai pada bulan September mendatang.

“Puncaknya akan berakhir pada Oktober 2021 yang akan ditutup dengan pengumuman pemenang lomba,” kata guru besar linguistik Universitas Negeri Makassar itu.

Rencana kegiatan menyambut bulan bahasa itu dibahas dalam rapat pengurus HPBI Sulsel di lantai 18 Kampus Unismuh Makassar, Senin (23/8).

Rapat dipimpin langsung Prof Anshari. Hadir juga Sekretaris HPBI Sulsel, Dr Andi Sukri Syamsuri dan beberapa penggagas HPBI Sulsel lainnya.

Mereka antara lain Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Pascasarjana Unismuh Makassar Dr Abdul Rahman Rahim, M.Hum., Dr Asis Nojeng, M.Pd., Sekretaris prodi pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia Dr. Muhammad Akhir, M.Pd., Dr. Hj. Andi Hasrianti, M.Pd., Dr. Hasriani, M.Pd., dan Dr. Ratnawati, M.Pd.

Untuk pelatihan menulis kreatif puisi dijadwalkan akan berlangsung saat puncak kegiatan. Panitia berencana akan mendatangkan sastrawan yang juga ahli di bidang penulisan dan pembacaan puisi, Asia Ramli Prapanca. Setelah workshop akan dilanjutkan dengan pengumuman lomba.

Adapun teknis pelaksanaan lomba akan diumumkan selanjutnya oleh panitia pelaksana.”Peserta akan mengirim karya untuk cipta dan baca puisi pada laman yang diumumkan oleh panitia nantinya,” tutup Dr. H. Andi Sukri Syamsuri, M.Hum, ketua panitia pelaksana.

Pemkot Makassar