Berikut Informasi Terkait Layanan Penukaran Uang Rupiah Jelang Idul Fitri

dprd-makassar

Online24jam, Makassar, – Dalam rangka menjamin kecukupan uang Rupiah di masyarakat, BI menyediakan uang layak edar dalam jumlah yang cukup dan higienis, serta menyediakan layanan penukaran uang Rupiah tanpa dipungut biaya. Layanan penukaran uang Rupiah dilaksanakan oleh BI bersinergi dengan perbankan melalui loket penukaran di kantor-kantor cabang perbankan yang berada di wilayah Sulawesi Selatan.

Direktur Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Rudy Bambang Wijanarko mengatakan terdapat 38 bank dengan 81 kantor cabang se-Sulsel yang akan melayani penukaran uang Rupiah masyarakat dan 18 titik penukaran kas keliling diluar kantor yang informasi lokasi dan tanggalnya dapat dilihat di https://pintar.bi.go.id/

“Kegiatan penukaran uang Rupiah dapat dilakukan di kantor-kantor cabang perbankan di Sulsel yang dilaksanakan mulai tanggal 4 s/d 29 April 2022 pada setiap hari dan jam kerja, sedangkan 18 titik penukaran diluar kantor jadwalnya dapat dilihat di https://pintar.bi.go.id/” urainya.

Adapun nilai nominal penukaran uang maksimal Rp3.800.000,- per individu dengan rincian masing-masing 1 pak uang pecahan Rp20.000,-; Rp10.000,-; Rp5.000,-; Rp2.000,- dan Rp1.000,-.

“Jadi masyarakat bisa menukarkan uang rupiah kurang dari Rp3.800.000 atau mengikuti kebijakan yang ada di masing-masing kantor cabang perbankan.” Jelasnya.

Rudy Bambang juga menyarankan demi keamanan dan kenyamanan masyarakat, sebaiknya masyarakat melakukan penukaran uang Rupiah hanya di lokasi yang resmi, baik di kantor cabang perbankan maupun dilokasi kas keliling.

Pemkot Makassar