Hindari Abrasi, Babinsa Kodim Maros Bantu Warga Pesisir Buat Tanggul Pemecah Ombak

Nasional, News32 Views
banner 468x60

Online24,Maros–Personil Kodim 1422/Maros bersama warga pesisir melaksanakan kerja bakti di Kampung pesisir kuri’ caddi, Desa Nisombalia, Kabupaten Maros,Minggu pagi,(22/01/23).

Kerja bakti yang dilakukan berupa pembersihan sampah-sampah yang berada di pesisir pantai kuri’ selain itu juga dilakukan pemasangan tanggul penahan ombak dengan bahan alakadarnya.

Kepala Desa Nisombalia Sulkarnain mengaku senang TNI selalu ada untuk masyarakat khususnya dalam suana kerja bakti pembuatan tanggul penahan ombak yang kini sudah merusak sebagian rumah warga akibat dampak dari cuaca ekstrim.

“Alhamdulillah pagi ini kita kerja bakti di bantu bapak-bapak dari TNI, kami senang .ereka selalu ada saat warga sedang membutuhkan, sekarang kita sedang bergotong royong mengangkut batu-batu untuk membuat tanggul penahan ombak,” ujarnya.

Dirinya mengatakan pembuatan Tanggul penahan ombak ini dilakukan, lantaran sudah ada beberapa rumah warga rusak setelah tergerus ombak.

“Tanggul utama itu sendiri sudah jebol, Kondisi diperparah dengan banyaknya bambu, kayu dan sampah yang merangsek ke dinding rumah warga,” ucapnya.

Sementara itu Babinsa Sertu Yusuf mengatakan dengan bergotong royong mengerjakan pengecoran tanggul pemecah ombak dan mencegah terjadinya abrasi ini untuk menjalin komunikasi dengan warga serta hal ini diperlukan sebagai pendekatan dan pembinaan.

“Pengecoran tanggul ini bertujuan memperbaiki infrastruktur pesisir kuri’ agar tidak terkikis lagi, kerja bakti ini merupakan sarana silaturrahmi dan pendekatan Babinsa kepada warga binaan agar terjalin kebersamaan dan kekompakan dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat,”ujarnya.

Melalui kegitan ini Babinsa Sertu Yusuf berharap dapat mengedukasi masyarakat agar supaya memiliki kesadaran tentang pentingnya budaya gotong royong dan menjaga lingkungan.

“Terlebih pesisir pantai sangat riskan terjadi pengikisan tanah akibat ombak dan jika hal ini dibiarkan terlalu lama, maka dampak yang ditimbulkan akan semakin memprihatinkan,” kata Babinsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *