Ini Tema HUT XXIV Luwu Utara, Masih Ada Kaitannya dengan Pemulihan Pascabencana dan Pandemi COVID-19

Regional18 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – Masih ingat tema HUT XXIII Kabupaten Luwu Utara “Sikarai Siporai” yang sempat menjadi perbincangan hangat warganet pada 2022 yang lalu? Tema bernuansa kearifan lokal dengan frasa khas Tana Luwu ini, kini tinggal menjadi sebuah cerita unik di masa depan.

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara kembali akan memperingati hari jadinya yang ke-24, tepat pada Kamis, 27 April 2023 besok. Tema HUT XXIV Kabupaten Luwu Utara yang diangkat pun berbeda dari sebelumnya, yakni “Ekonomi Pulih, Bangkit Lebih Tangguh”.

Oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, tema ini masih erat kaitannya dengan upaya Pemerintah Kabupaten Luwu Utara untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi usai Luwu Utara diterpa dua bencana sekaligus, yakni bencana banjir bandang dan pandemi COVID-19.

Diketahui, pemulihan dan kebangkitan ekonomi pascabencana banjir bandang dan pandemi kini memperlihatkan tren peningkatan yang signifikan, yakni 4,54% di 2022. Padahal di 2020 sempat terkontraksi -0,59%. Laju pertumbuhan ekonomi yang on the track ini tidak terlepas dari hidupnya kembali usaha sektor transportasi dan konstruksi.

Pendongkrak utama pertumbuhan ekonomi di Luwu Utara tetap bertumpu pada sektor pertanian, kehutanan dan perikanan. Di mana sektor ini memberi sumbangsih terbesar, yakni 49,97%. Jadi, tak salah ketika tema yang diangkat berkaitan dengan pemulihan ekonomi.

“Tema HUT Luwu Utara, yakni ekonomi pulih, bangkit lebih tangguh, ini tentu masih sangat erat kaitannya dengan upaya kita dalam pemulihan ekonomi pasca-pandemi Covid-19 dan bencana banjir bandang,” jelas Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, baru-baru ini di Masamba.

Untuk itu, Bupati Luwu Utara dua periode ini mengajak segenap masyarakat dan seluruh stakeholder untuk senantiasa membangun sinergi dan kolaborasi agar cita-cita bisa diwujudkan. “Kita wajib bangkit dengan cara membangun kerja sama dan rasa kepedulian,” harapnya.

Diketahui, puncak peringatan HUT XXIV Kabupaten Luwu Utara ini akan digelar melalui Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Luwu Utara di Gedung DPRD Luwu Utara, pada Kamis, 27 April 2023. Panitia HUT Luwu Utara sudah siap menggelar hajatan tahunan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *