Inovasi Massipa SDN Sudirman 4, Cara Jaga Kesehatan Murid

banner 468x60

Online24, Makassar – UPT SPF SD Negeri Sudirman IV yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman No. 7 Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar ini memiliki inovasi program sekolah yang dicanangkan sejak tanggal 25 Februari lalu oleh Pengawas TK/ SD Kecamatan Ujung Pandang.

“Inovasi tersebut diberi ini nama MASSIPA. Massipa adalah akronim dari Makin Sehat Setiap Sabtu di Sudirman Empat”, kata Payana, S.Pd., Pengawas TK/SD Kecamatan Ujung Pandang.

Kegiatan yang dilakukan adalah setiap Sabtu olahraga bersama kemudian dilanjutkan dengan kerja bakti dengan seluruh warga sekolah.

Setelah itu seluruh siswa makan bekal makanan dari rumahnya secara bersama-sama dengan guru-guru di lapangan sekolah.

“Dan terakhir setelah rangkaian kegiatan selesai, diadakan pemeriksaan kesehatan oleh Puskesmas setempat yang bekerjasama dengan pihak sekolah,” jelasnya.

Sementara Kepala Sekolah UPT SF SDN Sudirman IV, Sarwinah S.Pd.,M.Pd . Mengatakan. “Hal ini dilakukan untuk mengedukasi dan menjadi pembiasaan bagi warga sekolah untuk senantiasa bersih dan sehat serta makan makanan yang sehat,” ucapnya.

Menu makanan pun dibuat oleh orang tua bekerjasama dengan guru-guru agar bekal yang disiapkan untuk anak-anak mereka lebih terjaga kebersihannya dan tentunya kandungannya bergizi.

“Bahwa inovasi ini dibuat agar warga sekolah dasar khususnya SDN Sudirman IV paham dan dapat teredukasi tentang menjaga kesehatan dan kebersihan yang harus selalu dilakukan. Bila lengah sedikit, penyakit dapat menjangkiti,” tegas Sarwirnah menambahkan.

Harapan kami, inovasi ini dapat direplikasi oleh lebih banyak lagi sekolah lain, terutama di kompleks SDN Sudirman ini. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *