Inovasi BTS sebagai Upaya Tekan Angka Pengangguran di Makassar

Regional64 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – Sebanyak 19 pejabat Pemkot Makassar melakukan launching bersama aksi perubahan. Salah satunya inovasi dari Kepala Bidang Ekonomi, Bappeda Makassar, A. Ato Rakhmawan, S.IP., S.AP., M.A.P.

Andi Ato, membuat gagasan inovasi berupa Balajar Tumbuh Sukses atau BTS. Inovasi ini pun diyakini mampu menjadi upaya jitu menekan tingkat pengangguran di Kota Makassar.

Menurut Andi Ato, jika inovasi ini dilaksanakan secara baik dan berkelanjutan, maka akan memberikan efek positif yang luar biasa.

“Inovasi aksi perubahan BTS ini dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan kinerja pemerintah Kota Makassar, termasuk masyarakat umum,” jelasnya, Senin (6/11/2023).

Inovasi yang dibuat dengan sistem perencaan matang ini, sebagai bagian dari inovator Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan VIII Puslatbang KPM LAN Makassar.

Launching aksi perubahan tersebut dipimpin langsung oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum, Mario Said mewakili Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

Didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar, Mario Said menuturkan manfaat hadirnya inovasi-inovasi baru dapat menjadi solusi untuk menjawab masalah yang ada di masyarakat.

“Mudah-mudahan nanti 19 aksi perubahan yang dilaunching hari ini bisa diimplementasikan dengan baik, untuk dijadikan referensi pemerintah kota menjalankan tugas-tugas dalam pemerintahan,” tutur Mario Said, beberapa waktu lalu.

“Memang pemerintahan, kompleksitas permasalahan semakin berat sehingga memang harus ada lompatan pemikiran baru atau inovasi seperti aksi perubahan ini untuk menyelesaikan masalah yang ada. Harapan, ekspektasi masyarakat terlalu tinggi sehingga kita diharap melakukan pengembangan dalam mengambil sebuah inovasi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Mario Said menekankan pentingnya komitmen hingga kapabilitas berakhlak bagi ASN dalam melayani masyarakat.

“Selain itu, seorang ASN itu harus mempunyai kompetensi berakhlak, salah satunya itu tadi bagaimana pengembangan inovasi. Di sisi lain itu harus jadi komitmen yang berorientasi pada pelayanan masyarakat, bagaimana kita berpikir terus bagaimana memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” jelasnya.

Terkahir, ia pun meyampaikan apresiasi bagi para pejabat Pemerintah Kota Makassar yang telah menghadirkan inovasi baru melalui aksi perubahan.

“Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada teman-teman ini telah membuat terobosan lewat Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan VIII Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manjaemen Pemerintahan LAN tahun 2023 ini. Lewat pelatihan ini meluncurkan beberapa proyek perubahan, inovasi untuk menyelesaikan tantangan yang ada di tengah masyarakat kita,” ucapnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *