NasDem Paketkan Kaswadi-Luthfi di Pilkada Soppeng 2020

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Partai NasDem akhirnya mengeluarkan rekomendasi untuk beberapa pasangan calon atau paslon yang akan bertarung pada pilkada 2020. Salah satunya untuk petahana Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak, yang akan kembali maju untuk periode kedua.

Diketahui, NasDem pada pilkada sebelumnya tidak mendukung Kaswadi, tetapi mendukung lawan politiknya yakni pasangan Luthfi Halide-Zulkarnain Soetomo. Menariknya, kali ini NasDem memaketkan Kaswadi-Luhtfi. Bahkan, paslon ini telah menerima rekomendasi NasDem untuk bersama pada Pilkada Soppeng.

Ketua NasDem Sulsel Rusdi Masse Mappasessu (RMS) menyebutkan, penyerahan rekomendasi untuk Soppeng dan empat daerah lain telah melalui pertimbangan dan pengkajian yang matang. Hingga pada akhirnya, NasDem mantap mengusung mereka untuk Pilkada 2020 mendatang.

“Kita lihat track record calonnya. Lalu seperti apa kedepannya (programnya). Kedua, kita lihat survei dan loyalitas (ke partai),” ujarnya.

Penyerahan rekomendasi ini dilakukan langsung oleh Ketua Umum DPP NasDem, Surya Paloh di CCC, Makassar, Minggu(26/1) lalu. Bakal paslon yang menerima rekomendasi tersebut yakni Andi Harmil Mattotorang-Andi Ilham Najamuddin (Maros), dan Andi Kaswadi Razak-Lutfie Halide (Soppeng). Kemudian Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara (Tana Toraja) dan Yosia Rinto Kadang dan Yonathan Pasodung (Toraja Utara).

Adapun di Barru, NasDem juga menerbitkan rekomendasi kepada Suardi Saleh di Pilkada 2020. Hanya saja rekomendasi yang diberikan ke Bupati Barru itu tanpa wakil atau belum menentukan pasangannya. Adapun tujuh daerah lainnya yang belum dikeluarkan ialah Makassar, Gowa, Bulukumba dan Selayar. Selanjutnya Pangkep, Luwu Timur dan Luwu Utara.

“Kebetulan baru lima yang selesai pembahasan di DPP. Dan InsyaAllah kita akan kembali ke Jakarta untuk melanjutkan pembahasan yang lainnya. Seandainya, sudah selesai tujuh atau semuanya, pasti tadi sudah diserahkan,” terang RMS.

Dari lima daerah yang terbit rekomendasinya, NasDem mengusung kader seluruhnya. Termasuk Soppeng yang mendukung Kaswadi-Lutfie.

“Pak Lutfie itu kader. Lihat saja sendiri dia pakai jaket NasDem,” terang Rusdi yang juga mantan Bupati Sidrap dua periode.

Menanggapi hal itu, incumbent Soppeng, Andi Kaswadi Razak, berterima kasih atas kepercayaan NasDem merekomendasikannya untuk kembali maju di Pilkada. Meski demikian, dia tidak mau jumawa dan tetap berharap dukungan parpol lain untuk bersama membangun Soppeng ke depan.

[fbcomments]