Sharing Pengelolaan Pertanian Perkotaan, Pokja 3 TP PKK Makassar Sambangi Urban Farming di Malang

Dukcapil Makassar

Online24, Makassar – Tim Pokja 3 TP PKK Makassar melakukan kunjungan lapangan yang berkesan ke Urban Farming yang dikelola oleh TP PKK Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari dan bertukar pengalaman dalam pengembangan pertanian perkotaan yang berkelanjutan.

Urban Farming di Kelurahan Mulyorejo telah menjadi salah satu percontohan dalam menghadirkan konsep pertanian di dalam kota.

Dalam kunjungan ini, Tim Pokja 3 PKK Makassar diterima dengan hangat oleh Kelompok Wanita Tani Mulyorejo yang telah berkomitmen untuk mendorong ketahanan pangan di wilayah mereka.

Ketua Pokja 3 TP PKK Makassar, Evi Rose Mappangara mengungkapkan kesan dari kunjungan ini. Dirinya mengaku terinspirasi oleh inisiatif Urban Farming di Kelurahan Mulyorejo ini. Terlebih lagi, konsep yang diusung pun serupa dengan konsep Lorong Wisata dan Lorong PKK di Makassar.

“Di Makassar kita juga ada yang serupa dengan ini melalui konsep lorong wisata dan lorong PKK dan memang konsep pertanian di tengah lahan terbatas ini adalah langkah yang sangat positif untuk meningkatkan ketahanan pangan di tengah kota,” katanya.

“Kami berharap dapat mengadopsi beberapa praktik terbaik yang kami pelajari di sini dan mengaplikasikannya di Makassar,” tuturnya

Urban Farming di Kelurahan Mulyorejo memiliki beragam tanaman organik, tanaman obat, sayuran, hingga kolam terapi. Namun yang menjadi unggulan adalah jahe merah.

Kunjungan lapangan ini diharapkan akan menjadi langkah awal dalam membangun jaringan antardaerah yang kuat dalam pengembangan pertanian perkotaan di Indonesia.

Selain itu, ini juga memperkuat semangat untuk terus mendukung ketahanan pangan dan pengembangan pertanian yang berkelanjutan di tengah perkembangan kota-kota di Indonesia.

Pemkot Makassar