Dampak Erupsi Gunung Ruang Sejumlah Penerbangan di Bandara Sultan Hasanuddin Terganggu

Sejumlah Maskapai di Bandara Sultan Hasanuddin

Berita, Nasional, News1131 Views
banner 468x60

Online24,Maros,- Pasca Bandara Sam Ratulangi Manado ditutup akibat dari erupsi abu vulkanik gunung ruang yang terjadi pada Rabu kemarin,(17/04/24).

Di Sulawesi selatan, terdapat lima penerbangan yang dibatalkan dan tiga penerbangan yang dialihkan ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Stake Holder Relation Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Taufan Yudhistira mengatakan, demi keselamatan penerbangan sejumlah penerbangan dibatalkan dan dialihkan sementara ke Bandara Makassar.

“Dua penerbangan rute Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menuju Bandara Sam Ratulangi Manado, tiga penerbangan rute sebaliknya, dan tiga penerbangan yang dialihkan ke Makassar dari Jakarta dan Kunming yang seharusnya menuju Bandara Sam Ratulangi Manado,” terangnya.

Taufan menyebut PT Angkasa Pura (AP) I cabang Manado, menutup sementara Bandara Sam Ratulangi gara-gara abu vulkanik Gunung Ruang, Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara.

“Jadwal penerbangan dari berbagai daerah seperti Manado menuju Makassar dan lainnya mengalami penundaan,” sebutnya.

Diketahui, status Gunung Ruang di Kepulauan Sitaro naik dari Level III Siaga menjadi Level IV Awas.

Peningkatan status ini menyusul eskalasi aktivitas vulkanik Gunung Ruang yang kembali erupsi pada Rabu 17 April 2024 pukul 18.00 WITA dengan ketinggian semburan material mencapai 2.500 m dari puncak.

Kemudian pada Rabu kemarin (17/4) pukul 20.15 WITA kembali terjadi erupsi eksplosif dengan tinggi sekitar 3.000 meter di atas puncak.

Erupsi ini disertai suara gemuruh dan gempa terasa di Pos Pengamatan Gunung Api(PGA)Ruang.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *