Dukung UMKM, PT Semen Tonasa Teken MoU Bersama Bank BRI Untuk Program PUMK di Sulsel

banner 468x60

Online24,Jakarta– PT Semen Tonasa bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) melakukan penandatangan perjanjian kerja sama (MoU) untuk program Penadaan Usaha Mikro Kecil (PUMK).

Program PUMK ini ditujukan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Pangkep dan beberapa Wilayah di Sulsel.

Penandatangan perjanjian kerja sama ini dilakukan di Kantor Pusat Bank BRI di ibu Kota Jakarta,Sabtu,(18/11/23).

Penandatanganan kesepakatan ini dilakukan langsung oleh Muh. Akhdarisa selaku GM Komunikasi dan Hukum Semen Tonasa, serta Antonius Aris Bangun Prasetyo sebagai Kepada Departemen Micro Business Development Bank Rakyat Indonesia.

Hadir pula dalam kesempatan itu staf Unit TJSL serta staf Unit Humas PT Semen Tonasa, dan staf dari Departemen Micro Business Development Bank Rakyat Indonesia.

Dalam keterangannya, Muh. Akhdarisa menyampaikan, bahwa Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil yang dilaksanakan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Semen Tonasa dalam mendukung pengembangan UMK serta pemberdayaan masyarakat di Pangkep.

“Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, PUMK kali ini untuk pengelolaan dan penyaluran dana Semen Tonasa, dilakukan oleh BRI. Hal ini merupakan amanat dari Kementerian BUMN sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-6/MBU/09/2022, di mana dalam penyaluran PUMK ini agar bekerja sama dengan BUMN di sektor keuangan yang memiliki kemampuan dalam menyalurkan pinjaman. dan BRI merupakan BUMN yang ditunjuk oleh Kementerian BUMN untuk tahap awal ini.” ujarnya.

Akhdarisa menyebut untuk tahap awal ini, PT Semen Tonasa akan menyetorkan dana Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) sebesar Rp 17 Milyar ke BRI, untuk selanjutnya disalurkan sebagai bantuan pinjaman modal usaha bagi UMK di Kabupaten Pangkep serta Provinsi Sulawesi Selatan.

“Semen Tonasa akan menyetorkan dana Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) sebesar Rp 17 Milyar ke BRI, untuk selanjutnya disalurkan sebagai bantuan pinjaman modal usaha bagi UMK di Kabupaten Pangkep,” ujarnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *