Ketua KPU Sulsel Soroti Indeks Demokrasi yang Menurun Hingga Debat Perdana Capres 2024

News, Politik, Regional140 Views
banner 468x60

Online24, Makassar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar bincang santai bersama Media di Kota Makassar, Kamis 14 Desember 2023, di Red Corner Cafe Jalan Jusuf Dg Awing.

Dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya serta Jingle Komisi Pemilihan Umum Pemilu 2024 ‘Memilih untuk Indonesia’ oleh Band Cokelat

Ketua Komisi Pemilihan Umum(KPU) Provinsi Sulawesi Selatan Periode 2023-2028 Hasbullah dalam sambutannya mengatakan, sejumlah hal terkait demokrasi.

Berdasarkan sejumlah hasil survei Economist Intelligence Unit (EIU), indeks demokrasi di Indonesia terbilang rendah. Dari 5 variabel yang diukur, salah satunya ialah partisipasi politik. Kelima variabel itu yakni proses pemilu dan pluralisme, fungsi pemerintahan, partispasi dan budaya politik, serta kebebasan politik.

Menurut Hasbullah, dalam survei yang dimaksud, partisipasi politik dianggap punya skor rendah, yakni 6,1 persen. “Budaya politik, hal yang sifatnya issue masih menggeliat menarik untuk konteks pemilu, sudah mulai ditinggal,” katanya.

Hasbullah juga menyoroti debat Pilpres 2024 kemarin. ia mengatakan debat kemarin yang paling terbuka. Sebab pertarungannya bebas saling menanggapi satu sama lain tak seperti debat yang ada pada pemilu lalu.

Dirinya menaruh harapan, debat selanjutnya juga berjalan dengan debat Capres sebelumnya yang saling terbuka. “Debat ini (Pilpres 2024) paling terbuka, kandidat juga bisa bertarung bebas,” Ujar Hasbullah menambahkan

“Kita harapkan debat-debat berikutnya juga bisa memberikan muatan pembelajaran politik, edukasi terkait dengan program yang disampaikan oleh masing-masing calon,” lanjutnya.

Terakhir Hasbullah mengajak masyarakat, khususnya di Sulsel agar sama-sama menjaga demokrasi Indonesia. dengan menyukseskan Pemilu dan tidak Golput

Kegiatan ini sebagai ajang silaturrahmi penggiat media massa dengan KPU Sulsel. Kegiatan ini dikemas dengan bentuk diskusi, yang menghadirkan dua mantan komisioner KPU Sulsel sebagai narasumber: Mappinawang (2003-2008) dan Uslimin (2018-2023).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *